Pengkabelan

Hai sahabat blogger sekalian , sudah lama kita tidak berjumpa lagi , yah sebagian bilang saya sombong ,namun sebenarnya adalah saya sedang mengerjakan makalah saya ,jadi posting terbaru belum juga dikeluarkan . Nah, saya akan posting  terbaru tentang sebagian dari makalah saya , Yaitu pengkabelan .oke ayo sekarang kita bahas sama - sama :

Dalam jaringan komputer ,Pengkabelan adalah proses pembuatan kabel yang nantinya akan menghubungkan beberapa komputer dengan sebuah konektor .dalam jaringan komputer pengkabelan sangatlah penting karna salah satu alat atau benda yang dipakai dalam membuat jaringan adalah kabel.Kabel yang dipakai dalam jaringan adalah kabel UTP, ada juga jenis kabel lain nya yang dipakai , tapi biasa nya orang sering menggunakan kabel UTP sebagai kabel utama dalam membuat jaringan . kabel UTP Singkatan dari UNSHIELDED TWISTED PAIR ,Kabel UTP Terdiri dari beberapa warna yang masing - masing punya pasangan .Nah , kabel UTP dibagi atas 2 tipe pembuatan , ada STRAIGHT dan CROSS .apa bedanya dari STRAIGHT dan CROSS ??Untuk Sistem STRAIGHT , Kabel ini menghubungkan melalui alat penghubung yang bernama HUB , nah kabel STRAIGHT menghubungkan 2 komputer melalui perantara bernama HUB , sedangkan untuk CROSS , hampir sama fungsinya dengan STRAIGHT ,Hanya saja fungsi nya menghubungkan 2 komputer tanpa alat perantara (Langsung disambungkan ke 2 komputer . nah , tadi saya berkata kalau kabel UTP memiliki beberapa warna , Untuk membuat kabel STRAIGHT , urutan kabel sangat perlu diperhatikan , bila tidak , kabel tersebut tidak bisa digunakan atau harus mengulang kembali pembuatan nya . Begitu juga sistem CROSS , nah untuk mempermudah , saya akan memberikan urutan warna kabel dari kedua sistem tersebut . yaitu :

Urutan kabel STRAIGHT Dapat dilihat di sebelah kanan , urutan nya yaitu :
1.Orange/Putih
2.Orange
3Hijau/Putih
4.Biru
5.Biru/Putih
6.Hijau
7.Coklat/Putih
                                                                     8.Coklat


 Untuk Cross bisa kamu lihat di sebelah kanan saya , Urutan nya adalah:
1.Hijau/Putih
2.Hijau
3.Orange/Putih
4.Biru
5.Biru/Putih
6.Orange
7.Coklat/Putih
8.Coklat



Nah bagaimana Cara membuat kabel tersebut , Mari kita bahas :
1.Langkah pertama , ambil kabel UTP dan kupas kabel dengan Pengupas Kabel

 2.Langkah Kedua, Urutkan kabel sesuai dengan Sistem warna yang ingin kita buat (Misalnya STRAIGHT)
Urutkan kabel sesuai dengan warna Sistem STRAIGHT 

3.Langkah Ketiga , Ratakan kabel , agar semua rata , gunakan alat bernama Tang Crimping


4.Langkah keempat , Masukkan perlahan kabel UTP ke dalam
Conector Rj45,Dalam hal ini , kamu harus memperhatikan hal ini karna hal ini berpengaruh dalam hal pembuat kabel , jika salah maka anda harus mengulang .

5.Langkah Kelima , Press RJ - 45 yang sudah dimasukkan kabel tadi dengan Tang Crimping sampai berbunyi "Tik" setelah itu ulang kembali urutan diatas untuk ujung lainya (PERHATIAN: SUSUNAN UJUNG SATU DENGAN YANG LAIN HARUS SAMA MIS : UJUNG PERTAMA MULAI DARI KIRI , SUSUNAN WARNA UNTUK UJUNG YANG SATUNYA HARUS DARI KIRI JUGA)

6.Langkah keenam , Setelah selesai , maka tes kabel dengan
Lan Cable Tester, lihat urutan lampu pada LAN tester, Bila urutan lampunya berurut sampai No 8 , maka kabel anda sukses dibuat .
NAH , Unutuk kabel Cross , cara pembuatan nya hampir sama , hanya saja urutan kabel nya berbeda serta , Ujung 1 dengan yang lain berbeda karna ujung kabel yang pertama kamu buat STRAIGHT dan ujung kabel yang satunya CROSS .

Sebenarnya ada beberapa jenis kabel lain nya diantaranya :
1.KABEL STP
2.KABEL COAXIAL
3.KABEL FIBEL OPTIK
Namun hal ini jarang dipelajari dalam pembelajaran pengkabelan .

Sekian dan terima kasih , salam sampai jumpa :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer