Energy Of Asia , Asian Games Jakarta Palembang 2018

     
  
       Salam sejahtera buat kita semua . Nah , siapa yang belum bisa move on nih dari Penyelenggaraan Event Terbesar Asia yaitu Asian Games Jakarta - palembang 2018 ? . Ya , Pada pertengahan bulan agustus hingga awal september 2018 , Pagelaran Asian Games 2018 telah sukses diselenggarakan . Seluruh masyarakat Indonesia patut mengucap Syukur kepada Tuhan karena Acara terbesar Se-asia tersebut telah sukses dilaksanakan dan menjadi sorotan dunia . Seluruh negara Asia telah mengirimkan atlet terbaik mereka untuk bertarung dan memperebutkan Medali. Yang menjadi sorotan dunia adalah Opening Ceremony Asian Games 2018 yang sangat luar biasa memukau . Diselenggarakan di Stadion utama Gelora Bung Karno , antusias masyarakat indonesia Sangat Luar Biasa , terbukti dengan Tiket yang ludes habis terjual . Yang lebih membuat kagumnya lagi adalah Rangkaian kegiatan selama pembukaan Asian Games 2018 benar - benar disusun dengan Rapi ditambah dengan Parade Kembang Api yang menghiasi langit malam pada saat itu . Hal itu membuat pembukaan Asian Games 2018 sudah bertaraf internasional dan layak dipandang khalayak Dunia . Nah , jika memang belum bisa beranjak dari Event terbesar Se-Asia ini , Yuk mari kita simak Fakta - fakta yang terjadi selama Pagelaran Asian Games 2018 Berlangsung . 




1. INDONESIA Kembali menjadi Tuan Rumah Asian Games , Setelah 50 tahun silam menjadi  Tuan Rumah Asian Games yang ke 4 . Indonesia kembali ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games setelah sebelumnya pernah juga menjadi Tuan rumah di tahun 1962 , Yang secara resmi dibuka oleh Presiden Ir. Soekarno . Setelah 50 tahun lamanya, akhirnya Indonesia kembali terpilih menjadi Tuan rumah di Era modern ini , dan resmi dibuka oleh Bapak Presiden Indonesia Joko Widodo . Indonesia mengambil 2 kota yang akan menyelenggarakan Asian Games yaitu Jakarta dan Palembang . Seluruh Infrastruktur , sarana dan prasarana diperbaharui demi mendapatkan Hasil yang memuaskan saat pagelaran Asian games Berlangsung . 

2. Sebanyak 45 negara berpartisipasi dalam ajang Terbesar Se-Asia ini. 45 negara Asia turut serta dalam event Asia tahun 2018 ini dan seluruhnya memberikan partisipasi yang luar biasa Selama pagelaran Asian Games 2018 . Meski beberapa kejadian tidak mengenakan terekam awak media , tapi terlepas itu semua , seluruh kontingen mampu menjaga keamanan dan ketertiban selama Event asia ini berlangsung . Bersaing cukup ketat, menguras emosi dan tenaga , namun selepas itu semua , seluruh Kontingen Asia tetap bersatu .


3. CHINA menjadi Juara umum berkat Perjuangannya mendapatkan Medali . Negara yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi Kemantapan Atlet - atletnya dalam bertarung di Asian Games . Ya , Negara China menjadi Juara Umum dan bertengger di urutan ke 1 Klasemen perolehan medali , setelah berhasil mendapatkan Hampir 300 Medali , diantaranya 132 emas , 92 Perak , dan 65 perunggu . Dengan melihat perolehan medali , negara ini sepertinya sangat siap sekali dalam mempersiapkan Atlet - atletnya untuk bertanding , bukan hanya di Asia saja , tapi sepertinya sudah siap menuju ke Olimpiade . Negara - negara lainnya yang tidak kalah dengan China seperti jepang dan Korea Selatan juga berhasil mendapatkan banyak medali dan menjadi Negara urutan kedua dan ketiga dalam perolehan medali . 

4. Meskipun Indonesia Finish diposisi ke 4 , namun Perolehan Medali indonesia adalah Pencapaian terbaik selama perhelatan Asian Games. Indonesia menunjukkan keseriusannya dalam pengelenggaraan Asian Games tahun 2018 . Terbukti dengan Opening ceremony dan Closing ceremony dapat terlaksana dengan baik . Indonesia telah mengirim Atlet - atlet terbaiknya untuk bertanding di Asian Games 2018 dan Perjuangan tersebut membuahkan hasil yang cukup luar biasa . Indonesia hampir mengumpulkan 100 medali , diantaranya 31 medali Emas , 24 medali Perak , dan 43 Perunggu . Meski masih kalah dari perolehan medali Negara diatasnya yaitu Korea Selatan , Indonesia telah melakukan Pencapaian terbaik Selama Perhelatan Asian Games , dimana Indonesia berhasil mendapatkan 31 medali emas dari target 16 Medali Emas . Cabang olahraga yang paling dominan menyumbangkan Medali emas adalah Cabang Olahraga Pencak Silat yang baru pertama kali diselenggarakan di Asian Games 2018 . 


5. BHIN BHIN , ATUNG DAN KAKA , Maskot Asian Games 2018 . Dalam Perhelatan Asian Games 2018 pastinya ada yang membuat kita semakin tertarik , yaitu Maskot Asian Games 2018 . ada 3 Hewan yang menjadi Maskot Asian Games kali ini , yaitu Burung Cendrawasih ( Bhin Bhin ) , Rusa Bawean ( Atung ) dan Badak Bercula 1 ( Kaka ) . Masing masing memiliki Makna yang sangat Luar Biasa , Bhin bhin mempresentasikan Strategi , Atung mempresentasikan Kecepatan dan Kaka mempresentasikan Kekuatan . Nah , ketiga maskot ini dalam bentuk boneka akan dibagikan menjadi Cenderamata pada saat pemberian Medali , dimana Kaka diberikan untuk Pemenang Medali Emas , Atung diberikan kepada pemenang Medali Perak dan Bhin Bhin diberikan kepada Pemenang Medali Perunggu . 

    Nah , itu tadi beberapa Fakta pilihan Selama Asian Games Jakarta Palembang 2018 Berlangsung . Masih kurang ? yuk kita simak lagi Serba Serbi Asian Games Jakarta Palembang 2018 : 

1. Meraih Bintang menjadi Lagu Ofisial Asian Games 2018 yang dinyanyikan oleh Via Vallen . Lagu Meraih Bintang ini telah banyak dicover dengan berbagai bahasa . 


2. Bukan Hanya Lagu Meraih Bintang , adalagi Lagu Bright As the Sun yang dinyanyikan oleh deretan Artis artis indonesia , dan Juga Lagu Janger Persahabatan yang dinyanyikan oleh Ariel Noah Ft Dea and NEV. Lagu Bright As the Sun juga banyak dicover dengan beberapa bahasa , salah satunya Bahasa Jepang . total ada 13 lagu ofisial Asian Games 2018 .


3. Sebanyak 58 Cabang olahraga dipertandingkan . ada 10 cabang olahraga yang baru dipertandingkan di Asian Games 2018 , diantaranya Bridge , Basket 3x3 , Jetski , Ju jitsu , Pencak Silat , Sambo , Kurash , Paralayang , Panjat tebing dan Skateboard . 

4. Cabang olahraga yang tidak dijagokan indonesia untuk mendapatkan emas , justru mendulang emas , seperti Paralayang , Jetski dan panjat tebing . 


5. Jalur Trek Velodrome atau arena Balap Sepeda Trek di jakarta menjadi Arena Balap sepeda Trek terbaik di Asia . Hal ini tidak lepas dari kerjakeras tim untuk mempersiapkannya dalam Penyelenggaran Asian Games 2018 . 


6. Selama penyelenggaran Asian Games 2018 , tercatat beberapa atlet berhasil memecahkan rekor sebelumnya . dan Indonesia salahsatunya , dengan melakukan pencapaian terbaik di tim Sepaktakraw setelah berhasil menang di final Melawan Jepang . 

7. Jika dilihat dari peringkat negara Khusus Negara Asia tenggara , Indonesia berhasil menjadi yang terbaik dalam perolehan medali , yaitu sebanyak 31 medali emas , disusul oleh Thailand dan malaysia . 
8. Ada 9 negara yang pulang tanpa membawa 1 medalipun . 2 Negara diantaranya adalah negara tetangga indonesia yaitu Brunei Darussalam dan Timor Leste . 

9. Closing Ceremony Asian Games 2018 dimeriahkan Oleh artis artis ternama , salah satunya Super Junior , Boyband Asal Korea tersebut berhasil memukau banyak sekali penonton yang hadir dalam Acara Closing Ceremony tersebut .


10 . Setelah Asian Games 2018 , indonesia berharap menjadi Tuan Rumah Olimpiade tahun 2032 dengan syarat harus membenahi seluruh Aspek Infrastruktur , Sarana dan Prasarana serta pelayanan Publik . Hal itu harus dipenuhi bila ingin Menjadi Tuan Rumah Olimpiade tahun 2032 

11. Pada perhelatan Asian Games 2018 , ada salahsatu cabang yang baru pertama kali ini diperkenalkan di Asian Games , yaitu Esport atau game Online. Ada sekitar 6 game online yang dipertandingkan , namun perolehan medali tersebut tidak dihitung dalam jumlah medali yang sudah didapatkan oleh tiap - tiap negara . 

12. Perhelatan Asian Games Jakarta Palembang 2018 diselenggarakan tepat sehari setelah hari kemerdekaan indonesia yang ke 73. Perhelatan ini dilaksanakan di tanggal yang cantik , yaitu 18 - 8 - 18 .  


Dan , sebagai penutup dari artikel ini , berikut nama - nama atlet Indonesia yang menjadi sorotan dalam Perhelatan Asian Games Jakarta Palembang 2018 : 

1. Wushu


- Marvelo Edgar Xavier adalah atlet Wushu penyumbang medali pertama bagi indonesia. Meski bukan emas , namun itu menjadi medali pertama bagi indonesia . Medali pertama Indonesia adalah Perak .
- LINDSWELL , atlet Wushu penyumbang Medali Emas . Dia dijuluki Ratu Wushu Asia , dikarenakan Kemampuannya yang luar biasa dalam Gerakan - Gerakan Wushu .

2. Taekwondo


- Defia Rosmaniar , Atlet Taekwondo penyumbang medali Emas pertama bagi indonesia . Hal ini membuat sebuah gebrakan besar bagi atlet - atlet Indonesia lainnya untuk mendapatkan Medali Emas . 
3. Bridge 


- Bambang Hartono , Pemilik Saham terbesar BCA dan Pemilik Perusahaan Rokok Kretek Indonesia , Djarum yang menjadi Atlet Bridge dari Indonesia . Beliau berhasil menyumbangkan Medali Perunggu bagi Indonesia , dan Bonus dari kemenangannya tersebut akan diberikannya untuk pengembangan Bridge Indonesia . 

4. Paralayang 


- Jafro Megawanto , Atlet Paralayang Indonesia yang berhasil menyumbang 2 Medali Emas bagi Indonesia . Dulunya dia hanya seorang tukang lipat Parasut . Keinginannya untuk mengikuti Pelatihan Paralayang membuatnya bertekad menjadi seorang atlet . Segala kendala yang menghadangnya mencapai hal tersebut dia tuntaskan Berkat Doa dan dukungan oleh orang - orang terdekatnya .

5. Pencak Silat


- Yudani Kusumah Hanifan , salahsatu Atlet pencak silat Indonesia yang berhasil menyumbang Emas . Aksi yang sangat disoroti dari Atlet ini adalah ketika dia Menghampiri Presiden Joko Widodo bersama dengan Rivalnya Bapak Prabowo dan dia memeluk keduanya. Perlu diketahui , Bapak Joko Widodo dan Bapak Prabowo adalah 2 pasangan calon Presiden tahun 2019 Mendatang yang sebelumnya juga sempat bersaing dalam Pemilihan Presiden tahun 2014 , dan pada saat itu Bapak Presiden Joko Widodo Menang suara . Kali ini mereka kembali bersaing untuk medapatkan Jabatan Presiden tersebut .

6. Panjat Dinding


- ASPAR , Salah satu atlet panjat dinding dari indonesia yang sangat Eksentrik , Misalnya dari bentuk potongan Rambutnya yang menyerupai kadal . Serta kecepatannya dalam memanjat dinding , sangat luar biasa kecepatannya hingga bisa mengalahkan Pesaing - pesaingnya .

7. Bulu Tangkis 




- Jonatan Christie , Peraih medali Emas tunggal Putra . Aksinya sangat luar biasa saat tampil di Final . Bukan hanya di Final , aksinya dalam mengelap lapangan sendiri memakai handuk saat pertandingan semifinal Tunggal Putra , membuatnya sangat disoroti . Pasalnya dia juga mendapatkan kartu kuning saat melakukan aksinya tersebut . Namun , hal tersebut tidak dipedulikannya , dan dia tetap Berprestasi . 

- Kevin Sanjaya dan Markus Gideon , Peraih Medali Emas Ganda Putra. Mereka dijuluki The Minions akibat aksi - aksi tengil mereka saat bertanding . Mereka adalah Ganda Putra terbaik saat ini diperingkat BWF . Mereka juga melakukan aksi tengil mereka saat Perhelatan Asian Games 2018 berlangsung . 

- Anthony Sinisuka Ginting , Peraih medali Perunggu Tunggal Putra Indonesia. Aksinya yang paling disorot ketika Pertandingan Putra Beregu dimana dia harus berhenti bermain akibat keram dikakinya . Hal tersebut membuat banyak yang simpati terhadapnya . Setelah sembuh dari keramnya , dia menjadi sosok yang mengerikan karena berhasil mengalahkan lawan lawan yang tangguh seperti Chen Long asal China . 

- Liliyana Natsir , Pasangan ganda campuran Ahmada tontowi , yang harus puas mendapatkan Medali Perunggu . Atlet ini harus puas setelah berjuang mendapatkan medali , dan Medali perunggu menjadi persembahan medalinya yang terakhir untuk Indonesia sebelum memasuki masa pensiunnya .
8. Atletik 


- Lalu Muhammad Zohri dan Kawan - kawan , berhasil mendapatkan medali Perak dalam Lari Estafet . Meski tidak menyumbangkan medali Emas , perjuangan mereka patut dibanggakan untuk Kerja keras mereka menyumbang Medali dari cabang atletik ini .

9. Skateboard


- Nyimas Bunga , atlet termuda Indonesia , berumur 12 tahun berhasil menyumbangkan medali perunggu untuk Indonesia . Ini sangat Luarbiasa karena di umurnya yang masih sangat muda , bisa saja suatu saat dia menjadi Atlet yang sangat Handal 

10. Sepak Takraw 


- Saiful Rizal , Salah satu pemain Quadrant putra yang sangat Luar biasa penampilannya saat memperebutkan medali Emas ke 31 untuk Indonesia . Seluruh penonton di Indonesia pasti mendengarkan Suara komentator memanggilnya "Mas Ipul" . Hal itu membuat dia disoroti media , dan menjadi perbincangan untuk Perkembangan Sepaktakraw bagi Indonesia .

11. Sepak Bola


- Stefano lilipaly , Pemain andalan depan Timnas Indonesia yang berhasil membuat sebuah Gol dimenit - menit akhir saat Indonesia Melawan Timnas UAE . Meski kalah dalam adu pinalti , namun Gol Stefano membebaskan Indonesia dari kekalahan yang memalukan . 

Dan , itulah penutup dari artikel ini , semoga kamu bisa mengenang seluruh kegiatan Saat Asian Games 2018 Berlangsung ya , sampai jumpa di artikel selanjutnya . 

Sumber : Official Website Asian Games Jakarta Palembang 2018 , Wikpedia 



Komentar

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer