Cara Membuat Daftar Pustaka dengan Benar


Hai sahabat Blogger , Bagaimana kabar kalian ? baik - baik saja mungkin yah . Sudah lama saya tidak menulis di blog ini dan hari ini saya kembali buat sahabat - sahabat setia . baik , pada posting kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang Cara membuat Daftar Pustaka dengan benar . Pernah Buat buku tidak Sahabat ? Atau pernah baca buku , terus ngintip ke belakang buku dan ada tersusun sebuah sumber - sumber darimana  asal isi buku tersebut ? Nah itu lah yang dinamakan dengan daftar Pustaka . mau lebih jelas nya , kita bahas sama - sama yah : 



Daftar Pustaka adalah Sumber - sumber yang terdapat di belakang buku dimana isi - isi di dalam buku tersebut didapatkan . Fungsi dari daftar Pustaka itu sendiri adalah agar pembaca maupun yang lain dapat mengetahui asal isi dari buku tersebut . daftar pustaka terdiri dari Nama   Pengarang , Tahun terbit , Judul Buku , Kota terbit dan Penerbit Buku tersebut . dalam penulisan daftar pustaka , kita harus benar - benar memahami hal tersebut agar para pembaca buku dapat memahami isi dari daftar pustaka tersebut . 
Saya akan berikan contoh sebagai berikut :
Judul Buku : Teknik komputer Jaringan
Pengarang  : Warta Dioda 
Kota          : Medan 
Penerbit     : Yrama Widya 
Tahun        : 2012 

Nah , Cara Penulisan Daftar Pustaka untuk Buku diatas adalah :
Dioda , warta . 2012 . Teknik Komputer Jaringan . Medan : Yrama Widya . 

Nah , rangkaian penulisan daftar Pustaka disimpulkan dengan rangka sebagai berikut :
PERTAMA , Nama di balik seperti di atas , Dan dipisahkan dengan tanda koma . Bila penerbit lebih dari 1 orang , seperti : Warta dioda , Agus siagian , Erwin simamora , cukup anda tulis , Warta dioda dkk . 
KEDUA , Tahun pembuatan buku tersebut , tahun pembuatan tersebut harus mulai dari edisi yang pertama .
KETIGA , Judul buku tersebut . anda bisa menandai nya dengan Tulisan bercetak miring , digaris bawahi , atau ditebali sehingga pembaca mudah mengetahui judul buku yang ada . 
KEEMPAT , Kota dimana buku tersebut dibuat , harus teliti dengan asal dimana buku tersebut dibuat . 
KELIMA , Penerbit buku tersebut . 

NaH Teman - teman , ada juga Contoh daftar pustaka seperti ini : 
Dioda , warta . 2012 .Hal -Hal Yang Dapat Dilakukan Bila Tidak Ingin Rekening Anda Dibobol , Medan :       
                        Yrama Widya .

Nah , Bila Judul dan tempat dibuat nya buku tersebut sudah sampai di ujung buku , ada baiknya penerbit di letakkan dibawah tapi tidak sejajar dengan Nama penerbit , sedikitnya sejajar dengan tahun terbit . 

Nah , ada pertanyaan ? iya benar , saya yakin anda ingin menanyakan hal itu , Apa arti dari garis putus - putus di dalam daftar pustaka ? 
Jangan bingung teman - teman , sebenarnya , garis tersebut digunakan untuk menandakan bahwa penulisnya sama Walau , buku yang ditulis berbeda. 
Bagaimana ? Sudah paham ? nah , ketika anda membuat makalah dan anda ingin membuat daftar pustaka nya darimana , anda tidak perlu susah - susah karna sudah paham dengan hal itu . 



Terima kasih dan sampai jumpa ...

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer